8 Pantangan Makanan Operasi Caesar

Pantangan makanan pasca operasi caesar

Hallo Bunda, bagi seorang ibu yang memilih persalinan caesar ketimbang persalinan normal, banyak yang harus diperhatikan soal menjaga kesehatan tubuh supaya cepat pulih pasca melahirkan. Entah itu pantangan pasca operasi caesar atau malah sesuatu yang memang harus dilakukan setelah operasi caesar.

Tidak hanya untuk persalinan operasi caesar saja, sebenarnya ini juga berlaku untuk ibu setelah melahirkan lainnya (baik persalinan caesar atau persalinan normal). Pasti segala sesuatunya harus diseleksi dengan hati-hati yah Bunda.

Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar


Berikut adalah makanan yang harus dihindari pasca operasi caesar agar cepat sembuh :

  1. Minuman berkarbonasi (minuman bersoda)  yang dapat menyebabkan gas dan perut kembung harus dihindari. Ingat yah bunda, jangan menambahkan daftar minuman seperti sprite, coca-cola atau fanta kedalam keranjang belanja Bunda.
  2. Jus jeruk harus diambil dengan hati-hati. Dengan rasa yang nikmat, Bunda awalnya dapat mengkonsumsi dalam jumlah kecil, dan kemudian mengkonsumsinya ke jumlah sedang.
  3. Minuman berkafein seperti kopi dan teh harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena sifat diuretiknya. Selain itu, kelebihan kafein di dalamnya dapat menyebabkan masalah pertumbuhan pada bayi Bunda.
  4. Jauhi alkohol karena bisa mengganggu kemampuan untuk menghasilkan asi yang berkualitas dan menyebabkan masalah perkembangan pada anak. Bunda harus mengetahui makanan pembentuk gas seperti kacang lentil, kacang merah, kacang polong, kacang bermata hitam, kacang hijau dan lainnya secara bertahap.
  5.  Hindari makanan pembentuk gas lainnya seperti kubis, kembang kol, brokoli, buah okra dan bawang selama 40 hari pertama.
  6. Jangan makan makanan gorengan karena sulit dicerna, terutama pada hari-hari pertama setelah melahirkan. Mereka bisa menyebabkan gangguan pencernaan, luka bakar dan gas.
  7. Bagi penderita diabetes jangan makan nasi setidaknya tiga sampai empat hari setelah kelahiran sesar. Gula darah tinggi dari beras bisa mengganggu bekas luka dan bisa memperpanjang penyembuhan. Bunda hanya perlu mengganti nasi putih dengan beras merah karena memberi energi ekstra dan minus kalori.
  8. Hindari makanan dan minuman dingin. Mereka mungkin membuat Bunda terserang flu. Sebagai ibu menyusui, diharapkan Bunda jangan minum minuman dingin karena bisa masuk ke dalam ASI.

Hal-hal untuk diingat:

Bunda harus menghindari semua makanan berlemak dan junk food karena aktivitas fisik Bunda yang terbatas setelah operasi caesar, terutama bagi Bunda yang sedang diet. Mereka hanya menambah berat badan dan memperlambat proses penyembuhan luka pasca operasi Bunda.

Hindari juga makanan pedas karena bisa menyebabkan masalah lambung. Apalagi bayi Bunda juga akan mendapat rasa dalam susu, dengan kata lain hal ini akan mempengaruhi kualitas asi Bunda.
sumber : www.obatpascaoperasicaesar.com

Komentar

Postingan Populer